7 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Mobil

Memiliki mobil pribadi semisal toyota all new kijang innova adalah impian banyak orang. Tidak sedikit orang yang mau menabung atau bahkan membeli secara kredit untuk mendapatkan mobil. Untuk itu, agar Anda tidak kecewa ada beberapa tips membeli mobil.

Dalam tips ini perlu memperhatikan sejumlah hal dengan seksama agar dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Apa pun?

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil:

  1. Tempat Pembelian

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil adalah tempat membeli pertama, apakah akan membeli mobil baru atau bekas. Jangan tergoda dengan harga diskon besar, Anda tetap harus datang ke showroom untuk mengecek langsung tempat pembelian.

Dengan tempat pembelian yang tepercaya, barang yang dibeli dapat dipertanggungjawabkan sehingga Anda tidak perlu takut merasa dicurangi.

Khusus untuk membeli mobil baru, sudah ada banyak toko resmi dari merek besar, sehingga memudahkan Anda untuk membeli mobil. Jadi Anda bisa mencari perbandingan harga dari setiap outlet.

  1. Jenis mobil

Sebelum membeli mobil, ada baiknya berhati-hati dengan jenis mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya; MPV, SUV, Hatchback, atau sedan. Pilih mobil sesuai kebutuhan, bukan sekadar keinginan belaka.

Jika Anda ingin mencari mobil yang membutuhkan keluarga yang dapat membawa lebih banyak angka, maka pilihlah SUV atau MVP besar yang dapat menampung 7 orang dengan 3 kursi tersedia.

  1. Mesin Mobil Performa

Mengetahui kinerja mesin mobil juga menjadi masalah sebelum membeli mobil. Ini akan berguna untuk berapa lama daya tahan mobil bisa bertahan.

Biasanya memeriksa kinerja mesin mobil lebih diperhatikan ketika membeli mobil bekas. Anda dapat melewati roda gigi atau mencoba menghidupkan mesin. Agar Anda tidak kecewa dan tahu apakah mobil itu bisa bertahan lama.

Untuk mobil baru, Anda biasanya dapat melihat di brosur jenis mesin apa yang digunakan di dalam mobil.

  1. Interior Mobil

Banyak orang membeli mobil karena mereka tertarik pada peralatan yang disediakan di dalam mobil, seperti charger mobil atau radio yang dapat dihubungkan ke smartphone. Jangan lupa duduk di kursi mobil, apakah akan nyaman dikendarai atau tidak.

Apakah membeli mobil baru atau bekas, penting untuk memeriksa setiap bagian mobil untuk memastikan itu berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, agar Anda tahu seluk beluk mobil, sehingga saat menggunakan Anda tidak bingung.

  1. Pilih Merek

Saat ini ada banyak merek mobil di pasaran yang akan membuatnya lebih mudah, dan mempersulit Anda untuk memilih karena akan bingung dengan berbagai merek yang tersedia.

Dalam memilih merek mobil untuk dipertimbangkan dengan benar, Anda dapat memengaruhi berapa banyak yang dibutuhkan, cara servis, dan apakah suku cadang mudah didapat atau tidak. Hal-hal ini dapat dipertimbangkan dalam memilih merek mobil.

  1. Servis dan suku cadang

Seperti disebutkan sebelumnya, sebelum memilih mobil apa yang akan dibeli, Anda harus memperhatikan layanan dan bagian-bagian mobil. Ini bisa menjadi pertimbangan yang sangat penting, karena jika kendaraan rusak, akan mudah untuk melakukan servis atau menemukan suku cadang yang dibutuhkan.

Misalnya saja pada mobil Eropa yang terkadang mengalami masalah dalam mengelola servis dan suku cadang. Karena mobil tidak dapat diservis di sembarang tempat, dan waktu pemrosesan tidak singkat.

  1. Uji jalan

Test Drive juga perlu dilakukan sebelum Anda membeli mobil, ini untuk merasakan secara langsung apakah mobil itu nyaman untuk dikendarai dan apakah kendaraan itu cocok untuk penggunaan sehari-hari.